9 Cara Mengelolah Waktu Anda Agar Tidak Sia-Sia

Waktu adalah pedang, Waktu adalah uang, Waktu adalah kesempatan. Ungkapan mengenai betapa pentingnya waktu sangat sering kita dengar, tapi tidak jarang hanya kita dengar sepintas lalu dan tidak berimbas apa-apa pada day to day kita. Lewat artikel ini mungkin kita bisa belajar kembali memenej waktu agar day to day kita lebih produktif dan bermanfaat bagi semuanya;

Inilah sembilan cara manajemen waktu yang perlu anda lakukan.

  1. Buat to-do-list. Buat daftar yang harus anda kerjakan. Urutkan sesuai prioritas yang harus anda kerjakan lebih dulu. Kerjakan satu per satu sampai selesai.
  2. Berdo’a. Gunakan sedikit waktu diawal sebelum memulai pekerjaan untuk berdo’a. Karena diyakini atau tidak penentu keberhasilan dari pekerjaan kita adalah Allah, kita hanya menjalankan sunnatullah.
  3. Patuhi deadline. Terkadang anda terlampau menyepelekan deadline. Awalnya santai-santai, tapi jelang deadline malah kelabakan. Karena itu tips manajemen waktu pertama adalah buat deadline untuk pekerjaan anda dan patuhi itu. Upayakan agar pekerjaan tersebut selesai tepat waktu. Sebab jika tidak, anda berarti butuh lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Artinya juga, lebih banyak tenaga dan biaya yang anda keluarkan; dan mungkin anda juga jadi kehilangan peluang lain.
  4. Kerapian. Kerapian baik di meja kerja maupun isi komputer akan membantu anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik. sebaliknya, ketidakrapian bisa membuat anda membutuhkan lebih banyak waktu. Misalkan saja, anda tengah membutuhkan sebuah arsip. Karena pengaturan yang tak baik, anda jadi butuh lebih banyak waktu untuk menemukannya.
  5. Tidak multi-tasking. Banyak orang suka melakukan multi-tasking. Padahal multitasking hanya membantu anda memulai semua tugas tersebut, tapi tidak menyelesaikannya. Bisa-bisa malah tak satupun pekerjaan yang selesai.
  6. Cek email, BBM dan sms terus-menerus. Kalau anda termasuk orang yang tiap beberapa menit mengecek email, BBM dan SMS sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Terkecuali memang tugas anda sebagai customer support yang memang harus memastikan tiap email, BBM dan SMS direspon dengan cepat. Jika tidak, anda bisa cek email cukup di pagi, siang, dan sore hari. Chek BBM dan SMS dikala ada yang perlu saja.
  7. Hindari gangguan. Untuk mempercepat tugas anda selesai, sebisa mungkin hindari gangguan yang mungkin muncul. Cari tempat untuk bekerja yang tenang. Jika perlu, tutup pintunya. Dan jika ada telepon, tak perlu diangkat.
  8. Matikan Facebook. Facebookan bukan cara yang tepat untuk menemani anda dalam bekerja, karena anda akan larut dengan status teman anda atau broadcast dari group yang anda like.
  9. Istirahat. Jangan lupa untuk ambil break. Ini akan membantu untuk memulihkan tenaga dan fokus anda agar siap untuk kembali ACTION. Beri juga hadiah buat diri anda sendiri jika sukses menyelesaikan tugas-tugas anda tepat waktu.

Demikian sembilan cara mengelola waktu yang baik, tentunya bisa kita praktekkan bersama. Semoga bermanfaat.

Sebagian besar konten dari tulisan ini diambil dari jokosusilo.com

Ingin waktu anda dan pasangan semakin berkualitas, silakan jalan-jalan di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *