8 Motivasi Dahsyat Pelatih Indra Sjafri

Suasana Kegembiraan Atas Kemenang Tim Garuda Muda
Suasana Kegembiraan Atas Kemenangan Tim Garuda Muda

Tentunya ada sekian banyak ungkapan motivasi, pernyataan sikap dan harapan yang disampaikan oleh Indra Sjafri kepada anak buahnya di lapangan. Dari berbagai sumber penulis merangkumnya dan memilah sehingga terkumpul 8 Motivasi Dahsyat Pelatih Indra Sjafri yang Menggugah, silakan melanjutkan membacanya

Berikut 8 Motivasi Indra Sjafri dan Ulasannya

1. Intinya melatih dengan hati, melakukan pendekatan dengan anak jangan memaksakan kehendak, harus ada komunikasi dua arah.

proses komunikasi pelatih dan pemain seringkali menjadi masalah jika itu tidak saling memahami. Diatas kertas memang pelatih punya kewenangan penuh untuk marah, kecewa dan frustasi terhadap permainan anak buahnya di lapangan. Tapi kalau tidak diimbangi dengan kota-kata positif, pujian atau penghargaan oleh pelatih, maka sekuat apapaun moral pemain juga akan lelah dan kehilangan greget. Proses saling mengerti dan memahami menjadi penting dalam meraih tujuan bersama. Toh ketika menang sebuat tim sepak bola, tentunya tidak hanya dimiliki pencetak gol, penjaga gawang atau gelandang serang tapi kemenangan untuk semua.

2. Saat di ruang ganti, saya memberikan sedikit tekanan kepada pemain untuk memberikan motivasi. Saya katakan kepada pemain seperti ini: ‘Sepertinya kalian sudah puas juara Piala AFF dan tidak mau tampil di AFC’. Ketika itu juga, mereka tertunduk. Setelah itu mereka serentak menjawab: ‘Ya, kami ingin main di Piala AFC’. Saya katakan seperti itu, penampilan mereka membaik di babak kedua.

Comfort zone tidak dipungkiri memang seringkali menjadi penyakit bagi siapapun apalagi tim sepakbola seperti U-19. Rasa puas diri dengan meraih kemenangan demi kemenangan dilaga-laga penting bisa jadi membuat pemain lengah. Jurus yang dipraktekkan Indra Syafri memang terbukti ampuh dengan memberikan tantangan pada pamain untuk beranjak pada level yang lebih besar. Tantangan lebih besar, kesempatan lebih besar dan popularitas yang semakin meningkat tentunya akan menjadi cambuk bagi pemain untuk memberikan yang terbaik.

3. Tolong katakan kepada Korsel kalau kami akan mengalahkan mereka.

Ungkapan ini sejatinya menguji keberanian seseorang untuk mengatakan apa yang dia inginkan. Dalam banyak kasus apabila suatu kalimat positif diungkapkan secara lantang dan berulang-ulang akan menjadi mantra yang dahsyat. Dengan begitu harapan, tujuan, keinginan itu sudah demikian dekat untuk dicapai.

4. Tidak ada tim yang tak bisa dikalahkan. Hanya orang tua dan Tuhan yang tidak bisa dikalahkan.

Menyambung kalimat diatas, kalimat tidak ada tim sepakbola dimanapun yang tidak bisa dikalahkan merupakan kalimat penegasan yang tak terbantahkan. Sehebat apapun seseorang pasti punya kelemahan, hal inilah yang sebenarnya mau dikatakan sang pelatih.

5. Saya akan berdiskusi dengan Badan Tim Nasional (BTN) untuk mencari lawan tanding. Saya inginnya melawan tim Eropa. Kalau tim sesama Asia sudah bukan lawan kami.

Tahapan untuk meningkatkan kapasitas, kemampuan dan mentalitas sudah selayaknya dipikirkan seorang pelatih supaya performa tim semakin meningkat. Lawan tanding yang sepadan atau gradenya berada 2-3 level diatas Tim Garuda Muda perlu diujicobakan supaya pemain punya pengalaman yang berbeda dan pelatih punya rencana strategis untuk pengembangan tim.

6. Itu bukan sombong. Modal utama Garuda Muda itu kepercayaan diri yang tinggi agar mereka tidak takut melawan tim-tim besar.

Melawan tim sepakbola yang lebih senior atau menjajal kemampuan tim kelas 1 dan 2 di Eropa akan memacu andrenalin pemain sehingga kemampuan terbaiknya akan muncul. Disamping itu kepercayaan diri pemain akan semakin kuat dan siap dalam segala medan.

7. Kalau ada pemain yang ketahuan keluar malam, merokok atau mabuk, saya tidak segan untuk mencoretnya. Evan Dimas kalau seperti itu bakal saya coret.

Motivasi yang disampaikan oleh Indra Sjafri ini menyangkut tanggung jawab seorang pemain, dimana jika 1 pemain absen gara-gara kegiatan tidak jelas tentunya akan merugikan keseluruhan tim dan juga masyarakat pecinta sepakbola di tanah air.

8. Saya katakan langsung kepada Evan Dimas ‘jangan anggap posisi kamu aman. Kalau ada yang lebih baik pasti kamu digeser. Kamu di sini karena belum ada yang lebih baik dari kamu’. Soalnya, kalau pemain sudah merasa mahabintang, selesai sudah,”

Apa yang disampaikan Indra Sjafri ini merupakan bentuk ketegasan seorang pelatih bahwa tidak ada orang kuat dikesatuan Tim Garuda Muda. Siapapun yang tidak becus dan melalaikan tanggungjawab akan diganti pemain yang lainnya. Tunas muda yang unggul dan punya skill lebih juga masih banyak.

Demikian intrepretasi dari 8 motivasi dahsyat yang disampaikan Indra Sjafri untuk membakar semangat Tim Garuda Muda setiap laga di lapangan. Mungkin sebagian intrepretasi penulis menyempitkan maksud dari 8 motivasi penting diatas saya sampaikan beribu maaf. Trimakasih

One Reply to “8 Motivasi Dahsyat Pelatih Indra Sjafri”

  1. I must say you have hi quality articles here.
    Your blog should go viral. You need initial boost only. How to get it?
    Search for; Miftolo’s tools go viral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *